Berita

Pemkot Magelang Diundang ke PBB

RADARJOGJA.CO.ID – Program peduli perempuan dan kesetaraan gender milik Pemkot Magelang mendapat perhatian dunia. Markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York mengundang perwakilan Pemkot Magelang untuk menghadiri sidang ke-61 Commission on The Status of Women. Undangan berkaitan dengan program pemerintah, terutama komitmen program terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan ekonomi perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang Wulandari Wahyuningsih menyatakan, undangan untuk Kota Magelang  ini karena kepeduliannya terhadap perempuan. Khususnya berkaitan komitmen yang tinggi terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Ke depan kami akan memenuhi pemberdayaan ekonomi perempuan,” ujarnya, Selasa (7/2). Menurutnya, program pemberdayaan ekonomi bisa melalui beberapa lembaga.  Seperti UPPKS, UP2K dan PKK. Selain itu, pelatihan home industry, membuat pusat kegiatan dan rencana membuat koperasi PKK dan usaha industri rumahan.

Ia juga akan memfasilitasi membuat jaringan dengan Perindag, Dinsos dan lembaga lain. Adapun untuk peningkatan kualitas perempuan bisa melalui KB, Posyandu, BKB, BKR, PKK, Puskesmas ramah anak, RW ramah anak, sekolah ramah anak, dan lainnya. “Ke depan perempuan dan anak harus makin terlindungi haknya,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyampaikan, undangan itu dinilai karena Kota Magelang mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kebijakan pemberdayaan perempuan dan anak. Progran yang dilakukan di Kota Magelang ini sesuai dengan aturan yang ada. “Persiapan materi untuk ditularkan mengenai pemberdayaan perempuan dan gender,” katanya.

Undangan dari PBB untuk menghadiri sidang ke-61 Commission on The Status of Women, rencananya berlangsung 13-17 Maret mendatang. Pemkot Magelang akan bergabung dengan delegasi dari Indonesia bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Untuk Kota Magelang, mendapatkan undangan di forum internasional sudah yang kedua kali. “Dulu pernah di Nepal untuk masalah kota layak anak,” ujar wali kota. (ady/laz/dem)

Comments Off on Pemkot Magelang Diundang ke PBB