Berita

KEMERIAHAN UPACARA PENUTUPAN TMMD SENGKUYUNG 2 DI KOTA MAGELANG

Kemeriahan ini berlangsung Pada hari Rabu tanggal 8 Agustus 2018 pukul 09.00 s.d 10.00 WIB di Halaman SDN Gelangan 5 Kelurahan Gelangan Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang, bersamaan dilaksanakannya Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2018 Kodim 0705/Mgl, dengan tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”  Adapun sebagai Irup Letkol Inf Rudi Subiyantoro (Dandodikjur Rindam IV/Dip) dan Komandan Upacara Kapten Inf Sukenang (Danramil 12/Sawangan) yang diikuti lk 300 orang.

Hadir pula dalam Kegiatan Upacara tersebut Wakil Walikota Magelang Dra Windarti Agustina,Karumkit TK II dr. Soedjono diwakili oleh Letkol Ckm Sugito, Kaajenrem 072/PMK, Asisten 2 Kota Magelang, Jajaran Forkopimda Kota Magelang, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Magelang, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan Komponen/ Susunan Pasukan Upacara tersebut terdiri dari :

  1. 1 Tim Korsik Kodim 0705/Magelang;
  2. 1 SST Bersenjata Kodim 0705/Mgl;
  3. 1 SST Bersenjata Polres Magelang Kota;
  4. 1 SST PNS Kodim 0705/Mgl;
  5. 1 SSR Linmas Kota Magelang;
  6. 1 SSR Satpol PP Kota Magelang; dan
  7. 2 SST Pelajar dan Pramuka

Adapun inti dari Amanat Kasad selaku PJO TMMD Ke-102 yang dibacakan Irup sbb :

Pada kegiatan TMMD tahun 2018 melibatkan 50 Satgas TMMD di 50 Kab/ Kota, 57 Kecamatan dan 79 Desa, dengan didukung oleh dinas Pemda setempat, di antaranya Dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Sosial, Kehutanan, Pekerjaan Umum, Kejaksaan serta Kepolisian. Guna mencapai sasaran-sasaran fisik,  berupaya menjawab masalah-masalah infrastruktur jalan di desa-desa terpencil atau terisolir, masalah fasilitas umum serta rendahnya kualitas hidup masyarakat. Untuk itu, pada TMMD kali ini, dalam skala nasional,  telah berhasil mewujudkan program rehabilitasi lebih dari 200 unit rumah tidak layak huni, pembukaan 86 km jalan baru, pengerasan dan betonisasi 60 km jalan, perbaikan 30 rumah ibadah dan 8 sekolah, pembangunan jembatan dengan panjang total 252 m, pembuatan 43 unit MCK, pembangunan Poskamling dan saluran drainase di lebih dari 30 desa, pemberian kambing kepada peternak binaan serta penanaman 3.500 pohon di lahan konservasi alam;

Sedangkan untuk sasaran non-fisik, fokus program TMMD kali ini telah diarahkan untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi Bangsa dan hal-hal yang mengarah kepada konflik sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut, Satgas TMMD yang bersinergi dengan dinas terkait di Pemda setempat, telah melaksanakan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kerukunan antar umat beragama, serta bahaya Narkoba dan paham-paham radikal. Setiap Satgas juga mengeluarkan tim-tim yang bertugas memberikan asistensi tentang pemeliharaan Kamtibmas, pencegahan dan penanganan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan), penyuluhan kesehatan dan program KB, serta bimbingan tentang cara-cara bertani dan beternak yang modern;     

Puncak Kemeriahan acara ini ditampilkan pula Pentas seni topeng ireng dari Kelurahan Gelangan dan kemudian dilanjutkan dengan Peninjauan lokasi TMMD Sengkuyung 2 yang terletak di RT.06/ RW.IX Kelurahan Gelangan.

Comments Off on KEMERIAHAN UPACARA PENUTUPAN TMMD SENGKUYUNG 2 DI KOTA MAGELANG